laporan kewiausahaan
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,
Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat
Allah SWT atas berkah dan rahmat yang diberikan kepada kita hingga saat ini. Dan
tidak lupa marilah kita kirimkan salam dan tasbih kepada junjungan kita Nabi Besar
Muhammad SAW. Karna beliaulah yang membawa kita dari alam gelap
gulita kealam terang benderang.
Adapun yang ingin kami sampaikan, tugas penyusunan laporan Kewirausahaan yang diberikan oleh bapak / ibu dosen kepada kami Alhamdulillah
dapat selesai tepat waktu. Berkat bantuan dan bimbingan dari bapak/ibu dosen
serta teman-teman semua yang terlibat dalam penyusunan laporan ini dengan judul โ Laporan PT. Mandar T- Shirt โ.
Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam laporan ini oleh karena itu kami dari penyusun menantikan kritik dan saran
dari kita semua untuk penyusunan laporan selanjutnya yang lebih baik lagi. Dan bila dalam penyusunan laporan ini ditemukan ketidak cocokan atau kesempurnaan kami dari pihak penyusun meminta
maaf yang sebesar-
besarnya kepada para pembaca atas kesalahan tersebut.
Karena kami dari pihak penyusun makalah ini juga adalah manusia biasa
yang tidak sempurna dan tidak akan luput dari kesalahan. Karena kesempurnaan hanyalah
milik sang pencipta ( Allah S.W.T ).
W a
s s a
l a m
DAFTAR
ISI
Halaman judul ................................................................................................. i
Nama karyawan sekaligus
pemilik modal ....................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR .................................................................................... iv
Propil singkat ................................................................................................... 1
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang ............................................................................. 3
1.2.Mamfaat ....................................................................................... 4
1.3.Tujuan ........................................................................................... 4
BAB II. PEMBAHASAN
2.1.
Identifikasi peluang bisnis ........................................................... 5
2.2.
Penjelasan produk ........................................................................ 6
2.3.
Analisis swot ............................................................................... 6
2.3.1. keunggulan
produk ............................................................. 6
2.3.2. kelemahan ........................................................................... 6
2.3.3. peluang ............................................................................... 7
2.3.4. ancaman .............................................................................. 7
2.4.
Tabel analisis swot ....................................................................... 7
BAB III. PERENCANAAN
BISNIS
3.1.
Pengemasan .................................................................................. 10
3.2.
Distribusi produk ......................................................................... 10
3.3.
Jasa pelayanan tambahan yang di berikan ................................... 10
3.4.
Pemasaran .................................................................................... 10
3.5.
Pasar yang dituju ......................................................................... 11
3.6.
Perilaku konsumen sasaran .......................................................... 13
3.7.
Tingkat persaingan ....................................................................... 14
3.8. Upaya pemasaran ........................................................................ 14
BAB IV. PERKIRAAN HASIL
PENJUALAN
4.1.
Pembiayaan .................................................................................. 15
4.2.Studi
kelayakan ............................................................................ 18
4.2.1. Lokasi ................................................................................. 18
4.2.2. Sarana
dan prasarana .......................................................... 19
4.2.3. Sumberdaya
manusia .......................................................... 19
BAB V. REAL BUSINES
PLAN
5.1.
Rencana manajemen .................................................................... 20
5.1.1. Strategi
pemasaran ............................................................. 20
5.1.2. Strategi
produksi ................................................................ 20
5.1.3. Strategi
organisasi dan SDM .............................................. 21
5.1.4. Stategi
penetapan harga ..................................................... 21
5.2.
Rencana pengembangan produksi ............................................... 22
5.3.
Analisis resiko usaha dan antisipasinya ....................................... 22
5.4.
Struktur organisasi ....................................................................... 25
5.5.
Proses produksi ............................................................................ 25
5.6.
Skema alur produksi .................................................................... 26
BAB VI. PENUTUP
6.1.
Kesimpulan .................................................................................. 27
6.2.
Saran ............................................................................................ 27
PROFIL SINGKAT
PT. Mandar T-shirt merupakan bisnis
kaos yang didirikan oleh beberapa orang mahasiswa yang merasa prihatin dengan
budaya indonesia khususnya provinsi sulawesi barat didaerah mandar yang seiring
dengan perubahan zaman budaya juga perlahan mulai tergerus oleh waktu dan
pengaruh budaya dari luar. Untuk itu kami mencoba mengangkat kembali budaya
kita agar budaya kita tetap ada dan dapat kita wariskan kepada anak cucu kita
dikemudian hari.
Kaos ini menawarkan pakaian dengan
desain gambar dan teks unik yang dapat menunjukkan identitas kita sebagai
masyarakat sulbar khususnya didaerah mandar. Produk ini dapat dilihat di web
blog dan memesannya secara online. Selain kemudahan untuk mengakses PT. Mandar
T-shirt juga menawarkan pakaian dengan desain menarik bagi para konsumen yang
ingin mengenakan pakaian dengan menunjukkan rasa cintanya kepada budaya mandar.
Dan Sebagai upaya memperluas jangkauan konsumen maka PT. Mandar T-shirt
bekerjasama dengan distro-distro di daerah sulbar untuk menitipkan produk.
sebagai
generasi muda khususnya didaerah mandar itu sendiri marilah kita membangun rasa
cinta kita terhadap budaya itu sendiri karna budaya adalah aset berharga bagi
bangsa kita. Selain itu apabila budaya dikelola dengan baik bisa menjadi
pendapatan bagi negara kita khususnya bagi diri sendiri, karna bisa menjadi
obyek wisata yang menarik banyak wisatawan lokal dan manca negara untuk datang
berkunjung keindonesia menikmati kekayaan dan keaneka ragaman budaya dari
bangsa tercinta khususnya didaerah mandar itu sendiri.
Keunggulan produk-produk PT. Mandar T-shirt, antara lain:
a)
Desain yang unik
b)
Kualitas baju kaos yang bagus
c)
Teks dengan kata-kata yang menarik tentang daerah
mandar
d)
Gaya zaman sekarang
e)
Dapat mengangkat dan memperkenalkan budaya mandar secara
luas
Tahap awal memulai usaha ini dengan
membuka tempat di lingkungan camba, kecamatan banggae, kabupaten majene,
provinsi sulawesi barat di jalan poros
majene mamuju.
BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Seperti yang
kita ketahui bersama bahwa seiring dengan perubahan zaman budaya juga perlahan
mulai hilang. ini ditandai dengan banyaknya generasi muda di indonesia yang
tidak mengetahui budaya indonesia khususnya generasi muda mandar yang tidak
mengetahui budayanya sendiri yaitu budaya mandar
Berdasarkan
dari hal tersebut diatas kami sebagai generasi muda didaerah mandar merasa
terpanggil untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya mandar ini kedaerah
lain bahkan sampai keluar negri. Melalui PT. Mandar T-shirt yaitu sebuah
perusahaan baju kaos khas mandar yang mengambil tema tentang budaya dan ciri
khas mandar contohnya lopi sandeq yaitu perahu khas daerah mandar yang sering
diperlombakan untuk menyambut hari kemerdekaan indonesia dan perlombaan ini
menjadi kegiatan rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh pemerintah Sulawesi
Barat. selain perahu sandeq ada juga lipaq saโbeq yaitu sarung sakral orang
mandar yang hanya dipakai pada acara penting seperti acara adat, pernikahan dan
melayat.
Untuk
itu sebagai generasi muda janganlah kita membuat nenek moyang kita merasa
kecewa dengan melupakan warisan turun temurun dari mereka. Warisan budaya yang
mereka jaga dan cintai dengan sepenuh jiwa dan raga mereka dan betapa kecewanya
mereka, apabila budaya yang mereka jaga dan cintai diklaim oleh negara lain seperti
yang pernah terjadi baru-baru ini. Negara tetangga malaysia yang mengklaim
batik dan reog ponorogo sebagai budaya mereka dan perlu diketahui juga bahwa
masih banyak budaya yang belum dipatenkan oleh pemerintah karna pemerintah kita
lambang dalam bertindak
Selain
pemerintah, generasi muda juga bertanggung jawab dan berperang penting dalam
pelestarian budaya untuk itu sebagai generasi muda khususnya didaerah mandar
itu sendiri marilah kita membangun rasa cinta kita terhadap budaya itu sendiri
karna budaya adalah aset berharga bagi bangsa kita. Selain itu apabila budaya
dikelola dengan baik bisa menjadi pendapatan bagi negara kita khususnya bagi
diri sendiri karna bisa menjadi obyek wisata yang menarik banyak wisatawan
lokal dan mancanegara datang berkunjung keindonesia menikmati kekayaan dan
keaneka ragaman budaya dari bangsa tercinta khususnya didaerah mandar itu
sendiri.
1.2. Manfaat
Manfaat yang
diharapkan dari bisnis PT. Mandar T-shirt adalah sebagai berikut:
- Sebagai ajang promosi tempat-tempat serta budaya dan ciri khas mandar pada masyarakat lewat desain kaos ini
- Menjadi ajang menunjukkan rasa cinta kepada budaya sendiri dengan memakai kaos yang berdesain budaya dan ciri khas mandar
- Sebagai penawar dominasi pakaian dengan desain yang khas luar negeri
- Sebagai sarana melestarikan budaya
1.3. Tujuan
Tujuan dalam
membangun bisnis terbagi menjadi dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan
khusus, antara lain sebagai berikut:
ร Tujuan umum :
-
Membuat pakaian dengan tema kebudayaan yang unik dan
menarik
-
Mendapatkan keuntungan dari bisnis ini
ร Tujuan
Khusus :
-
Meningkatkan rasa kecintaan para masyarakat kepada
kebudayaannya sendiri yaitu kebudayaan
mandar
-
Menarik perhatian masyarakat dengan desain unik serta
teks yang menambah rasa kecintaan terhadap budaya dan ciri khas mandar yang terdapat pada kaos
-
Memberikan pilihan kaos dengan desain yang kental akan
budaya khas Mandar
-
Mengobati rasa haus akan budaya sendiri yang selama
ini semakin terasa menurun dari masyarakat Mandar
BAB II. PEMBAHASAN
2.1. Identifikasi Peluang Bisnis
Kaos merupakan barang yang menjadi
menu wajib untuk memunuhi style sandang rakyat Indonesia khususnya didaerah
Mandar, para pemuda khususnya. Trend tingkat perekonomian dimandar yang semakin baik menjadikan daya beli
masyarakat semakin meningkat pula, sehingga masyarakat mulai beranjak memilih
barang dengan desain dan style yang menarik.
Pakaian yang bertuliskan dan
bergambar tentang tempat serta sesuatu yang khas daerah lain sering dijumpai di
pasar lokal, seperti kaos dan topi dengan tulisan ,bandung, I love
makassar, dan lain-lain. Masyarakat Mandar sangat sulit untuk mencari pakaian
dengan desain gambar dan teks mengenai kebudayaan daerah sendiri yaitu
kebudayaan mandar. Maka dari itu terobosan pakaian PT. Mandar T-shirt dengan
desain gambar dan teks mengenai sesuatu yang khas dari daerah mandar akan sangat laku di didaerah kita dan dapat
mengobati rasa โhaus kebudayaanโ orang mandar.
Adapun Visi dan Misi PT. Mandar T-shirt yaitu :
VISI
Menjadi sebuah
bisnis baju kaos yang memberikan mutu yang konsisten, propesional untuk
memenuhi kenyamanan dan kepuasan pelanggan
MISI
Berkomitmen
penuh terhadap produk yang berkualitas dan pelayanan memuaskan melalui
penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik, sasaran kami adalah kualitas
produk yang konsisten dan pengiriman produk yang tepat waktu, kepuasan
pelanggang dan peningkatan kualitas produk secara berkesinambungan.
MOTTO
PT. Mandar T-shirt
Mandar
litaq pembolongaโu, litaq tammala bottu dilalang di paingarang artinya :
โDimanapun kita berada jiwa mandar akan selalu ada didalam benakโ
2.2. Penjelasan Produk
Produk yang
akan ditawarkan oleh PT. Mandar T-shirt
adalah pakaian dengan desain gambar dan teks mengenai daerah mandar.
Sebagai awal berdirinya perusahaan ini yang akan diproduksi adalah Kaos.
Kaos adalah
jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos
oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Bahan yang
digunakan untuk membuat kaus oblong PT. Mandar T-shirt adalah cotton combed yang nyaman
digunakan. Kaos akan diproduksi dengan ukuran S, M, L, dan XL, untuk ukuran HS,
XXL, serta XXXL dapat dipesan khusus dan menunggu pemesanan hingga 10 unit
dengan desain yang sama maupun yang berbeda.
2.3.
Analisis SWOT
2.3.1
Keunggulan produk (Strength)
ร Desain yang
unik (S-1)
ร Kualitas
baju kaos yang bagus (S-2)
ร Teks dengan
kata-kata yang menarik tentang daerah mandar (S-3)
ร Gaya zaman
sekarang (S-4)
ร Dapat
mengangkat dan memperkenalkan budaya mandar secara luas (S-5)
2.3.2
Kelemahan
(Weakness)
ร Modal yang
dibutuhkan cukup besar (w-1)
ร Pengalaman bisnis yang kurang (w-2)
ร Pesanan
lama sekitar satu minggu (w-3)
ร Tidak
semua orang dapat membeli dengan harga tersebut (w-4)
ร Tempat
produksi dan penjualan tidak berada di tempat yang sama (w-5)
2.3.3 Peluang (Opportunities)
ร Banyaknya
konsumen karena cocok untuk semua usia (O-1)
ร Banyak
distro dan tempat pemasaran yang bisa diajak Kerjasama (O-2)
ร Banyak anak
muda yang mencari kaos dengan desain unik dan menarik
(O-3)
ร Cara
pemesanan yang mudah yaitu: tatap muka, telfhone bisa juga dilakukan lewat
internet (O-4)
2.3.4 Ancaman (Threat)
ร Adanya
pesaing usaha
(T-1)
ร Masih kurangnya
pengetahuan konsumen tentang produk kami
(T-2)
ร Produk baru
yang belum dipatenkan, ada tindakan
plagiat (T-3)
2.4. Tabel Analisis Swot
No
|
Internal
Eksternal
|
Kelebihan (S)
|
Kekurangan (W)
|
|
|
ร Desain
yang unik
ร Kualitas
baju kaos yang bagus
ร Teks
dengan kata-kata yang menarik tentang daerah mandar
ร Dapat
mengangkat dan memperkenalkan budaya budaya mandar secara luas
ร Gaya
zaman sekarang
|
ร Modal
yang dibutuhkan cukup besar
ร Pengalaman
bisnis yang kurang
ร Pesanan
lama sekitar 1 minggu
ร Tidak
semua orang dapat membeli dengan harga tersebut
ร Tempat
produksi dan penjualan tidak berada pada tempat yang sama
|
1
|
Peluang (O)
|
Strategi (S-O)
|
Strategi (W-O)
|
|
ร Banyak
konsumen karena cocok untuk semua usia
ร Banyak
distro dan tempat pemasaran yang bisa diajak kerja sama
ร Banyak
anak muda yang mencari kaos dengan desain unik dan menarik
ร Cara
pemesanan yang mudah yaitu tatap muka, telfhone, bisa juga lewat internet
|
ร Buka
cabang
ร Meningkatkan
produksi
ร Menjalin
kerja sama dengan distro dan pemasar
ร Membuat
produk yang sesuai dengan minat konsumen
ร Menambah
variasi dan kreativitas desain
|
ร Dengan
meminjam bantuan modal untuk usaha
ร Banyak
membaca kisah orang sukses
ร Mempercepat
waktu pemesanan
ร Membuat
baju kaos yang berbeda harga
ร Mengusahakan
tempat produksi dan penjualan berada pada tempat yang sama
|
2
|
Ancaman (T)
|
Trategi (S-T)
|
Strategi (W-T)
|
|
ร Adanya
pesaing usaha
ร Masih
kurangnya pengetahuan konsumen tentang produk
kami
ร Produk
baru yang belum dipatenkan, ada tindakan plagiat
|
ร Memberikan
pelayanan yang baik seperti, senyum, ramah, sopan santun, cara berpakaian dll
ร Meningkatkan
promosi dan mengikuti bazar
ร Dan
bila usaha mulai berkembang brand harus segera dipatenkan
|
ร Dengan
menambah desain baru, sehingga para pelanggang akan mendapatkan sesuatu yang
baru dari produk yaang kami tawarkan
ร Meningkatkan
dan memperluas promosi produk
ร Bekerja
sama dengan pemerintah
|
Dari analisis SWOT yang telah dilakukan
maka saya memilih strategi S-O serta dengan upaya mengambil langkah
penanggulangan ancaman serta upaya meminimalisir kelemahan untuk mengembangkan
usaha ini yakni dengan:
- Buka cabang
- Meningkatkan produksi
- Banyak menjalin kerjasama dengan distro dan pemasar
- Membuat produk yang sesuai dengan minat konsumen
- Menambah variasi dan kreativitas desain
- Memberikan pelayanan yang baik seperti, senyum, ramah, sopan santun, cara berpakaian dll.
- Meningkatkan promosi dan mengikuti bazar
- Dan bila usaha mulai berkembang brand harus segera dipatenkan
- Menambah desain baru yaitu terus berkreasi dan menampilkan sesuatu yang baru
- Bekerja sama dengan pemerintah
BAB III. PERENCANAAN BISNIS
3.1. Pengemasan
Produk ini akan dikemas dengan
plastik pembungkus kaos agar tetap rapi dan teratur sampai di rumah serta
dibungkus lagi kresek yang bergambarkan logo โ
PT. Mandar T-shirt ( lopi sandeq) โ.
3.2. Distribusi Produk
Dikarenakan masih tahap awal memulai
bisnis ini dan kami juga masih mengandalkan mitra untuk membuat baju maka, kami
saat ini masih terus melakukan promosi dan terobosan serta berupaya untuk dapat
membuat sendiri disini agar suatu saat bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat disekitar tempat penyimpanan
dan penyaluran produk kami yaitu di lingkungan camba, kecamatan banggae,
kabupaten majene, provinsi sulawesi barat.
Disamping bisa datang langsung ke
toko PT. Mandar T-shirt konsumen juga bisa melakukan pemesanan melalui
telfhone, dan internet. Atau mengunjungi distro dan toko yang sepakat
untuk bekerja sama dengan kami untuk
mendapatkan produk dari PT.Mandar T-shirt. Dan untuk melihat beberapa produk
yang kami tawarkan anda dapat mengunjungi blog resmi PT. Mandar T-shirt
3.3. Jasa Pelayanan
Tambahan Yang Diberikan
Untuk setiap pembelian kaos akan mendapat bonus stiker
yang keren dengan gambar dan teks yang unik. Selain itu untuk pembelian lebih
dari 1lusin lewat online akan mendapat potongan atau diskon sebesar 10%.
3.4. Pemasaran ( 4p
)
ร Price
( harga )
Pemasaran
baju kaos khas mandar dilakukan dengan menentukan harga sebesar Rp. 78.520,00 /
lembar yang disesuaikan dengan kualitas baju dan biaya pengiriman.
ร Place
( tempat )
Di
Lingkungan Camba, Kelurahan Baru, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, provinsi
sulawesi Barat yang berada di jalan poros Majene โ Mamuju.
ร Product
( produk )
Jenis
baju kaos khas Mandar yang mengangkat tema kebudayaan dan ciri khas daerah
Mandar
ร Promosion
( promosi )
Membuat
browser yang di tempel di pinggir jalan dan membagikan kepada pengendara yang
lewat serta melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter dll.
3.5 . Pasar
yang dituju
Berdasarkan studi Lowe (tahun 2011) segmentasi pasar Sulawesi Barat dibagi
menjadi 8 segmen, yaitu:
1.
Segmen #1: Pasrah/introvert Wall Flower (8,1%)
Ciri-ciri :
Wanita, usia matang berpendidikan rendah dan tinggal didaerah. Umumnya tidak
punya banyak keinginan dan tidak terlalu optimis terhadap masa depan.
2. Segmen #2: Gaul Glam/
The Networking Pleasure Seeker (11%)
Ciri-ciri : Wanita, usia matang yang
sangat terbuka, suka bergaul dan penuh gairah, tinggal di daerah perkotaan
dengan tingkat social ekonomi A+. mereka sangat materialistis dan memiliki
harta/benda adalah puncak kebahagiaan hidup. Sisi menarik segmen ini adalah
mereka percaya bahawa pertemanan merupakan investasi. Dimata mereka, pengakuan
diri itu ada jikamereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.
3. Segmen #3: Orang Alim/ Confident establish
(5,2%)
Ciri-ciri : Pria, usia matang
berpendidikan tinggi, di daerah perkotaan. Maka sangat percaya diri dan
berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam kehidupan sosilnya, sangat normative
adan suka menolong.
4. Segmen #4: Ibu-ibu PKK/ The Optimistic family
Cirri-ciri; wanita, usia matang dari
daerah rural denagn status sosil-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja,
realistis, kekeluargaan dan normative. Mereka menyukai masak sebagi hobi, tidak
sekedar kewajiban. Hidup diabdikan untuk keluarga, tidak materialistis.
Keluarga adalah segalnnya.
5. Segmen #5: Anak Nongkrong/ The change
expect Lad (10,5%)
Ciri-ciri: Usia muda, laki-laki,
tinggal didaerah urban, status sosil-ekoenominya menengah kebawah. Karakter
mereka: hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya). Konsep yang
dianut: All is one is all.
6. Segmen #6
Lembut Hati/ Cheerful humanist (12,1%)
Ciri-ciri: Wanita muda,dari daerah
pedesaan dengan tingkat sosial ekonomi rendah, cenderung tidak suka menjadi
pusat perhatian, walaupun diterima dilingkungannya. Menyukai lingkungan damai
penuh harmoni, sangat menaruh perhatian dan berempati kepada lingkungandan
orang-oarang disekitarnnya. Tidak mementingkan materi dan slalu ingin
dibutuhkan lingkuangn serta menyenangi kebersamaan.
7. Segmen #7
Main untuk Menang/ The Savvy Conquer (16%)
Ciri-ciri:
Pria matang berpendidikan, di daerah perkotaan ini sangat menikmati hidup
lugas, slalu berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan
cenderung dominan dalam pergaulan. Senang fashion, menikmati cuisine dan gemar
melihat iklan. Keinginan dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang
yang dipunyai, suka di sanjung dan dipuja, serta supel dan penuh energi.
8. Segmen
#8: Bintang Panggung/ The Spontaneous Fun Loving (13,6)
Ciri-ciri:
Wanita dari daerah perkotaan denag status social ekonomi tinggi, senang menjadi
pusat perhatian, suak bergaul, suka pamer, dan menyenangi aktivitas di luar
rumah, seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang
sedang menjadi tren, serta fashion dan gadget, serta sangat menikmati hidup,
sanjunagan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri, serta kelompok menjadi alat
mencapai kepopuleran.
Berdasarkan hasil Survei
tersebut, maka potensi segmen yang bisa dijadikan sasaran โPT. Mandar T-shirt โ
adalah segmen The Networking Pleasure Seeker dengan jumlah 11%, The change
expect Lad dengan jumlah 10,5% dan The Savvy Conquer dengan jumlah 16%.
3.6. Perilaku
konsumen sasaran:
1.
Majunya teknologi, terutama IT (information
technology) yang mempunyai indikasi meningkatnya aktivitas manusia di dunia
maya/internet. Begitu pula dengan beberapa sasaran konsumen PT. Mandar T-shirt yang sering beraktivitas di jejaring sosial
sampai melakukan transaksi secara online
- Salah satu perilaku konsumen di sulawesi barat khususnya anak muda di daerah mandar adalah berbelanja mengikuti perkembangan model masa kini. Tempat berbelanja umumnya adalah di toko, Distro, dan Pasar. Perilaku konsumtif masyarakat sulawesi barat merupakan salah satu ciri masyarakat Indonesia yang mudah menerima produk baru yang dikeluarkan.
- Berbelanja di Distro sudah merupakan kebiasaan dari anak muda baik di daerah perkotaan maupun daerah pedesaan. Salah satu kebiasaan anak muda untuk mengikuti perkembangan zaman dengan membeli barang bermerk.
3.7.Tingkat
persaingan
Tingkat pesaing yang ada cukup banyak mengingat
banyaknya produsen kaos di daerah lain, selain itu bisnis online semakin
berkembang dan pengusaha bisnis online juga semakin banyak.
3.8. Upaya pemasaran
Dalam sebuah produksi sudah barang tentu upaya pemasaran
adalah hal yang sangat penting karena tingkat persaingan yang tinggi. Pada
bisnis produk kaos ini menggunakan strategi pemasaran sebagai berikut:
- Melalui Internet/internet Marketing, akan difokuskan pada blog untuk koleksi produk-produk, sedangkan untuk penyebarluasan informasi akan menggunakan media jejaring sosial, antara lain facebook, twitter dll.
- Melalui pamflet-pamflet yang disebar di distro, cafe, kampus, dan tempat-tempat yang ramai di Sulawesi barat
- Melakukan perlombaan desain kaos untuk menyaring bakat dalam desain grafis pada masyarakat. Untuk peserta dengan desain pilihan manajemen akan dibeli desainnya seharga Rp 250.000,-/desain dan Rp 100.000,- untuk setiap 20 cetakan.
- Memberikan voucer kepada konsumen yang melakukan pembelian lebih dari Rp 1.020.000,- yang akan diundi dengan hadiah menarik tiap periodenya. Ini merupakan upaya agar konsumen kembali melakukan pembelian pada PT. Mandar T-shirt.
- Memberikan jasa antar gratis pembelian dalam jumlah yang besar di daerah Kota Majene
- Penempelan spanduk yang dapat menarik konsumen.
BAB IV. PERKIRAAN HASIL PENJUALAN
4.1
Pembiayaan
- Biaya tetap (Fixed Cost)
No
|
Jenis barang
|
Unit
|
Harga
satuan (Rp)
|
Jumlah
harga (Rp)
|
Jangka
waktu pemakaian
|
Penyusutan
perbulan (Rp)
|
1
|
Mesin sablon
|
1
|
4.500.000
|
4.500.000
|
5tahun
|
75.000
|
2
|
Komputer
|
1
|
4.000.000
|
4.000.000
|
5 tahun
|
66.667
|
ยญยญยญยญยญ3
|
Hair dryer
|
1
|
200.000
|
200.000
|
3 tahun
|
5.555
|
4
|
Web blog domain, design, and maintenance
|
8 kali perbulan
|
600.000
|
600.000
|
3 tahun
|
16.667
|
5
|
Jumlah
|
|
|
9.300.000
|
|
163.889
|
- Biaya Variable (Variable Cost) Per siklus produksi / perbulan (untuk produksi 500 buah)
No
|
Jenis barang
|
Unit
|
Harga satuan (Rp)
|
Jumlah harga (Rp)
|
1
|
Kaos
|
500
|
52.000
|
26.000.000
|
2
|
Stiker
|
500
|
1.500
|
750.000
|
3
|
Brosur
berkala
|
80
|
30.000
|
2.400.000
|
4
|
Biaya listrik
|
1
|
150.000
|
150.000
|
5
|
Internet
|
8
|
16.667
|
133.336
|
6
|
Plastik
pembungkus
|
500
|
1.000
|
500.000
|
7
|
Film
sablon
|
10
|
57.000
|
570.000
|
8
|
Screen
media
|
6
|
55.000
|
330.000
|
9
|
Cat sablon
|
12
|
55.000
|
660.000
|
10
|
Biaya
lain-lain
|
|
150.000
|
150.000
|
11
|
Biaya
penyusutan
|
|
163.889
|
163.889
|
12
|
Jumlah
|
|
|
31.807.225
|
3. Harga Jual
Margin profit yang diharapkan adalah 51 % sehingga profit yang diharapkan untuk tiap
produknya adalah:
Profit = Margin Profit x HPP
= 51 % x Rp. 52.000
= Rp. 26.520
Sehingga harga jual
untuk tiap produk adalah:
Harga Jual = HPP + Profit
= Rp. 52.000 +
Rp. 26.520
= Rp. 78.520
4. Biaya Operasional per Tahun
Biaya Operasional
per Tahun = Total Variable Cost x 12 bulan
= Rp. 31.807.225 x 12
= Rp. 381.686.700
5. Laba per
Tahun
Laba
Kotor = Harga Jual x Jumlah persiklus produksi x 12 bulan
= Rp. 78.520 x 500 x 12
= Rp.
471.120.000
Laba Bersih = Laba Kotor โ Biaya
Operasional per Tahun
= Rp. 471.120.000 - Rp. 381.686.700
= Rp. 89.433.300
6. Laba per
Bulan
Laba per Bulan
= Laba Bersih / 12 bulan
= Rp. 89.433.300 / 12
= Rp 7.452.775
7. Modal Awal
Modal Awal =
Fixed Cost + Variable Cost 1 bulan (tanpa biaya penyusutan)
= Rp. 9.300.000 + Rp.
31.643.336
=
Rp. 40.943.336
8. Analisis Break
Event Point
BEP penjualan = BEP
unit x Harga Jual
= 522 x Rp. 78.520
= Rp. 40.987.440
Ket :
BEP Penjualan : Break
Event Point ( Titik Impas )
Margin Profit :
Persentase Penjualan
HPP : Harga Pertama Produk ( Modal Perlembar Kaos )
Fixed Cost : Biaya
Tetap
Variable Cost : biaya variable ( biaya tidak tetap )
Jadi dapat disimpulkan bahwa
titik impas akan terjadi ketika penjualan sudah menyentuh angka Rp. 40.987.440 atau
ketika produk sudah terjual sebanyak 522 unit. Dengan estimasi produksi
sebanyak 500 unit per bulan, diharapkan titik impas akan terjadi setelah ยฑ 1 ยฝ
(Satu setengah bulan)
9. Pengembalian
Modal
Pengembalian modal adalah total biaya produksi dibagi dengan keuntungan
yang didapatkan.
Pengembalian modal = Total
biaya produksi / keuntungan kotor
= Rp. 31.807.225 / Rp. 13.260.000
= Rp. 2,39
Pengembalian Modal adalah 1 ยฝ
bulan atau 45 hari
Catatan:
ร Dalam 1
bulan diproduksi 500 buah kaos
ร Dalam 1
bulan dianggap sama dengan 30 hari
ร Kaos yang harus
dijual per hari adalah 500 buah dibagi 30 hari, yaitu 11 buah
Pay Back Periode adalah BEP produksi dibagi dengan
penjualan per hariJadi, modal akan kembali dalam jangka waktu 45 hari dengan
penjualan 11 kaos tiap harinya.
4.2. Studi
Kelayakan
4.2.1. Lokasi
Lokasi bisnis ini
terbagi dalam dua kategori yaitu lokasi pusat produksi dan penyimpanan serta
lokasi pemasaran. Pada proses produksi saat ini masih dilakukan di Surabaya dan
penyimpanan dan penjualan produk dilakukan di jalan poros Majene-Mamuju
tepatnya. Untuk Dilingkungan Camba, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene,
Provinsi Sulawesi Barat. konsumen yang tinggal di sekitar daerah ini dapat langsung
mengunjungi pusat penjualan tersebut.
Bisnis yang
dibangun dengan metode semi online ini memiliki lokasi pemasaran dan pemesanan
di dua tempat, lokasi yang pertama adalah di web blog resmi PT. Mandar T-shirt .
Web blog ini berisi tentang seluruh koleksi PT. Mandar T-shirt, cara pemesanan,
harga, serta alamat dan kontak produsen. Tempat pemasaran kedua adalah di
distro-distro yang telah bekerjasama dengan PT. Mandar T-shirt.
4.2.2. Sarana dan
Prasarana
Sarana dan
prasarana merupakan bagian bisnis yang sangat penting untuk memperlancar
produksi dan pemasaran produk PT. Mandar T-shirt. Sarana dan Prasana minimal
yang harus ada dalam bisnis ini antara lain: Komputer, Mesin Sablon, Meja,
Kursi, Rak Penyimpanan, dan lain-lain. Serta ada show room di web blog resmi PT.
Mandar T-shirt sebagai tempat pemasaran produk.
4.2.3. Sumber Daya Manusia
Dalam bisnis ini
mempekerjakan 8 pemilik utama bisnis ini yaitu, Muhammad alwi yasin di Rektur,
Ahmad afandi sekretaris dan bagian produksi, Irvan bagian keuangan, Bambang
adrian di bagian pemasaran, Jasming sebagai ahli di bidang desain produk, Samsu
di bagian web blog, Hardianto unit
promosi, Sarnadi di bagian pengiriman.dan semua karyawan adalah dari pemilik
modal.
BAB V. REAL BUSINESS PLAN
5.1 Rencana Manajemen
5. 1.1. Strategi pemasaran
Tahap pemasaran adalah tahapan yang paling penting dalam suatu proses
penjualan produk. Ada pun strategi penjualan yang kami lakukan antara lain:
- Melalui Internet/internet Marketing, akan difokuskan pada web blog untuk koleksi produk-produk, sedangkan untuk penyebarluasan informasi akan menggunakan media jejaring sosial, antara lain facebook, twitter, blog dan kaskus.
- Melalui pamflet-pamflet yang disebar di distro, cafe, kampus, dan tempat-tempat yang ramai di Surabaya.
- Melakukan perlombaan desain kaos untuk menyaring bakat dalam desain grafis pada masyarakat. Untuk peserta dengan desain pilihan manajemen akan dibeli desainnya seharga Rp 250.000,-/desain dan Rp 100.000,- untuk setiap 20 cetakan.
- Memberikan voucer kepada konsumen yang melakukan pembelian lebih dari Rp 100.000,- yang akan diundi dengan hadiah menarik tiap periodenya. Ini merupakan upaya agar konsumen kembali melakukan pembelian pada โDistro Kaos Taโna Modelโ.
- Memberiakn jasa antar gratis pembelian dalam jumlah yang besar di daerah Kota Surabaya.
- Penempelan spanduk yang dapat menarik konsumen. Meletakkan logo โlopi sandeqโ pada setiap produk, dengan begitu maka mudah orang untuk mengenal produk โPT. Mandar T-shirtโ
5.1.2. Strategi produksi
PT. Mandar T-shirt memproduksi barang untuk stock dan dikirimkan
ke distro-distro di Sulawesi barat, selain itu juga memproduksi barang ketika
ada konsumen yang memesan dan telah menentukan desain dan ukurannya. Dengan
demikian pakaian yang dibeli sesuai dengan keinginan hati konsumen. Setelah
proses produksi selesai, barang akan langsung diantar atau dipaketkan
menuju tempat konsumen melalui jasa pengiriman barang TIKI. Selain itu, produk
akan terus dikembangkan atau ditambah pilihan desain dari internal maupun
eksternal yaitu dari perlombaan desain yang digelar. Hal ini dilakukan agar
produk PT. Mandar T-shirt dapat terus bersaing di pasar. Saran dan kritik dari
para konsumen tentang produk-produk PT.
Mandar T-shirt sangat dibutuhkan karena keinginan konsumen dan kepuasannya
adalah hal terpenting untuk mengembangkan bisnis ini.
5.1. 3.
Strategi organisasi dan SDM
Pengelolaan SDM merupakan hal yang harus dilakukan oleh
suatu perusahaan sehingga produktivitas dapat semakin berkembang dan kinerja
karyawan semakin baik. Tahap-tahap pengembangan SDM tersebut antara lain:
ยง Karyawan dari Pemilik Modal
- Dalam mengawali bisnis ini akan mempekerjakan 8 pemilik utama bisnis ini yaitu, Muhammad alwi yasin sebagai direktur utama, Ahmad afandi sebagai sekretaris dan bagian produksi, Irvan bagian keuangan, Bambang adrian di bagian pemasaran, Hardianto di bagian promosi, jasming sebagai ahli di bidang desain produk, Samsu dibagian web blog, sarnadi di bagian pengiriman dan semua karyawan adalah dari pemilik modal.
2. Sistem
Remunerasi yang Seimbang dan Adil
Dalam sistem peremunerasian
perusahaan membuat sistem remunerasi yang sesuai dengan ketenagakerjaan dengan
mempertimbangkan keseimbangan dan keadilan. Karena ini bisnis dari 8 pemilik
modal maka menggunakan sistem bagi hasil setelah 3 tahun berjalan.
5.1.4. Strategi
penetapan harga
Salah satu strategi yang jitu untuk
menarik minat konsumen adalah dengan penetepan harga yang tepat dan terjangkau
untuk konsumen. Konsumen menginginkan harga yang seminim mungkin namun dengan
kualitas yang maksimal. Sedangkan perusahaan mengharapkan keuntungan yang cukup
besar dengan mengupayakan kualitas produk yang baik. Untuk itu harga yang telah
ditetapkan dirasa telah sesuai dengan jaminan mutu dan terjangkau. Selain itu
perusahaan juga akan memberikan diskon pada saat-saat tertentu untuk
meningkatkan minat konsumen. Dengan demikian tercipta win-win solution yang
menguntungkan kedua belah pihak.
5.2. Rencana pengembangan produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara
lain:
- Mempercantik tampilan web blog sebagai tempat pemasaran utama
- Menggalakkan promosi baik di dunia maya ataupun dunia nyata
- Menambah jenis produk
- Memaksimalkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan manfaat dalam berbisnis
- Menambahkan ragam desain, dari internal ataupun dari eksternal
5.3. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Bisnis online ini mempunyai banyak
risiko. Untuk mengetahui risiko-risiko tersebut perlu diadakan analisis agar
hal tersebut dapat diantisipasi. Hal-hal yang menjadi risiko dari bisnis ini,
antara lain:
1. Modal Usaha
Bisnis online yang menawarkan
berbagai macam pakaian ini harus membutuhkan modal yang besar dalam proses
produksi, pemasaran dan promosinya. Proses produksi pakaian sebelum menjadi
produk dengan desain menarik dan dikenakan konsumen membutuhkan dana yang sangat
besar, dari pembelian alat, bahan serta karyawannya. Bisnis online yang
dibangun di internet memerlukan dana untuk membuat domain serta proses
pendesainannya. Untuk proses promosi dibutuhkan modal yang cukup besar dalam
pencetakkan brosur, pamflet, dan media lain sebagainya
2.
Produk Kalah Bersaing
Sebagai bisnis yang banyak digeluti
oleh produsen besar sebelumnya, bisnis online ini mempunyai banyak saingan di
pasar. Merk yang sudah lama terkenal biasanya mendominasi pasar dan lebih
dipilih oleh konsumen
3.
Kebosanan Konsumen
Kebosanan adalah hal manusiawi yang
dimiliki oleh manusia. Tidak menutup kamungkinan apabila konsumen akan bosan
dengan produk yang ditawarkan. Sehingga produk PT. Mandar T-shirt semakin
kurang diminati oleh konsumen.
4.
Permasalahan Transaksi dan Tingkat Kepercayaan
Konsumen akan Bisnis Online.
Banyak kejadian penipuan yang
berkedok bisnis online dapat memberikan dampak buruk pada konsumen bisnis ini,
yaitu ketidak percayaan akan metode bisnis online. Selain itu proses transaksi
yang dilakukan dengan terpisah jarak dan waktu serta alur yang rumit memiliki
konsekuensi yang tinggi.
ยง Setelah
ditemukan risiko-risiko bisnis yang akan menjadi ancaman bagi bisnis ini maka
diperlukan solusi konkrit untuk mengatasinya, solusi-solusi tersebut antara
lain:
- Modal Usaha
Modal awal usaha ini merupakan iuran
dari masing-masing pemilik modal. Dalam upaya mewujudkan modal usaha yang
mencukupi untuk bisnis ini perlu dilakukan penggalian dana dengan banyak cara,
antara lain meminjam modal di bank, pengikut sertaan proposal bisnis plan ini
dalam berbagai ajang, dan sebagainya.
2.
Produk kalah bersaing
Agar produk PT. Mandar T-shirt dapat
bersaing dengan produk-produk kaos yang lain, maka perlu menjaga kualitas
produk dengan cara memperhatikan bahan-bahan baku maupun bahan setengah jadi
yang dipakai. Selain itu kepuasan konsumen juga selalu diperhatikan dengan cara
memenuhi permintaan ataupun keinginan konsumen terkait dalam proses desain
maupun produksi. Bisnis dengan banyak saingan terutama merk yang lama terkenal
perlu diantisipasi dengan mengembangkan sisi keunikan produk-produk PT. Mandar
T-shirt serta mencari ide dan desain inovatif.
3.
Kebosanan Konsumen
Dalam mengatasi rasa alamiah manusia
ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kreativitas desain dan keunikan
produk. Selain itu juga perlu proses pengembangan kualitas produk.
4.
Permasalahan Transaksi dan Tingkat Kepercayaan
Konsumen akan Bisnis Online
Untuk mengantisipasi risiko ini
perlu dilakukan upaya pelegalan usaha yang dapat digunakan sebagai barang bukti
ada payung hukum yang menaungi bisnis ini. Selain itu juga perlu diberitahukan
pada konsumen mengenai cara pemesanan hingga proses transaksi online secara jelas.
5.4. Struktur Organisasi
STRUKTUR
ORGANISASI
PT. MANDAR
T-SHIRT
|
DIREKTUR
MUH. ALWI YASIN
|
SEKRETARIS
AHMAD AFANDI
|
BAG.
KEUANGAN
IRVAN
|
BAG. WEB BLOG
SAMSU
|
BAG. PEMASARAN
BAMBANG ADRIAN
|
BAG. PENGIRIMAN
SARNADI
|
BAG.
DESAIN
JASMING
|
BAG. PROMOSI
HARDIANTO
|
5.5. proses produksi
Proses produksi kaos PT. Mandar
T-shirt memiliki alur seperti pada gambar skema proses produksi di bawah.
Langkah awal yang dilakukan adalah dengan memperkaya desain dan bentuk produk.
Langkah ini dilaksanakan dengan menjaring desain-desain menarik baik dari
internal yang merupakan karya dari karyawan internal perusahaan, ataupun dari
eksternal yaitu dengan cara mengadakan
dilaksanakan produksi yang selanjutnya dikirim atau dipaketkan lewat TIKI.
5.6. Skema alur produksi
Dalam usaha ini semua elemen
salin mendukung dan menopan demi kelancaran produksi dan suksesnya usaha ini.
Untuk itu semua elemen akan bekerja bersama-sama untuk memajukan usaha ini agar
suatu saat bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat disekitar lokasi
penjualan dan penyimpanan.
Adapun skema yang dimaksud yaitu sebagai berikut :
Desain produk dan
toko
|
Desain internal
|
Desain eksternal
|
Pengadaan barang
|
Stock
|
Jasa pengiriman
(tiki/pos)
|
Distro dan pasar
mitra
|
Pemesanan produk
(komsumen)
|
BAB . VI. PENUTUP
6.1 Kesimpulan
PT. Mandar T-shirt merupakan bisnis kaos semi online
dari 8 pemilik modal utama yang juga menjabat sebagai karyawan yang memproduksi
kaos yang berdesain gambar dan teks mengenai kebudayaan dan ciri khas mandar.
Dalam pemasaran produknya akan dibagi menjadi dua yaitu sistem online dan
pemasaran lewat distro mitra dan toko sendiri. Untuk melihat desain-desainnya
konsumen dapat melihat di web blog resmi PT. Mandar T-shirt Desain-desain produk PT. Mandar T-shirt berasal
dari internal dan eksternal perusahaan. Desain internal adalah dari karyawan PT.
Mandar T-shirt sedangkan eksternal adalah dari perlombaan desain yang diadakan,
sehingga diharapkan menambah jumlah variasi desain.
6.2 Saran
Dalam upaya pengembangan bisnis ini perlu adanya modal yang lebih agar menambah
jumlah produk dan efisiensi serta keuntungan dari bisnis ini. Desain yang
kreatif dan inovatif sangat diperlukan, sehingga perlu adanya kerjasama dengan
pihak luar seperti pemerintah untuk masalah ini agar variasi produk lebih
banyak dan dapat menghindari kebosanan konsumen. Selanjutnya adalah perlu
legalisasi bisnis agar konsumen percaya untuk bertransaksi online dengan PT.
Mandar T-shirt .
Kami sebagai generasi muda meminta supaya pemerintah
membantu kami dan mempatenkan semua budaya indonesia khususnya didaerah mandar agar tidak diklaim oleh bangsa luar..http//www.blogspot reza.com
Comments